Halaman

Sabtu, 23 Januari 2010

awal

“Di dalam dunia ini, apakah yang sebenarnya Anda cari. Anda mungkin berusaha mencarinya, walau mungkin tak mengetahui dengan jelas apa yang hendak Anda cari, atau mungkin cara mendapatkannya.
Apa Anda sering merasa bingung, merasa banyak menjumpai kekacauan dan kekalutan batin? Anda ini diserang oleh bermacam-macam perasaan yang tidak memuaskan atau yang kurang menyenangkan hati. Secara singkat, Anda ini tak mendapatkan ketenangan dan kesejahteraan dalam batin Anda. Mungkin kemudian Anda menempuh cara yang salah untuk mendapatkanya. Apa Anda cenderung melihat dan mencari di luar diri Anda sendiri? Dan akibatnya, dunia ini merupakan sumber semua kegelisahan?
Anda mencarinya dalam keluarga, dalam pekerjaan, atau dalam pergaulan dan sebagainya. Dan beranggapan kalau dapat mengubah keadaan sekeliling, Anda akan menjadi tenang dan bahagia. Anda menjadi banyak bertanya, ‘siapa, mau apa, mengapa, dll.’ Semua itu membuat Anda bingung. Lalu Anda marah dan melupakan pertanyaan itu. Padahal tadi Anda ingin tahu ‘siapa, mengapa, dari mana, dan sebagainya’.
Ah, manusia memang begitu, kadang penuh emosi, tapi tidak bisa menilai lebih Ianjut tentang apa yang sebenarnya dihadapi. Paradigma manusia memang sangat rumit. Sulit dalam membedakan mana yang benar dan mana yang salah, sehingga terkadang seenaknya sendiri mengambil keputusan.
Sekarang saya hanya bisa mengajukan pertanyaan, ‘Apa Anda gelisah menjalai hidup yang begitu begitu saja? Dan sepertinya hanya Anda yang terperangkap dalam kejahatan itu.’
Apa yang telah menyesakkan dada Anda; menghimpit aliran nafas Anda; mengaganggu waktu istirahat Anda; dan mecabut rasa mengantuk dari pelupuk mata Anda? Apa yang membuat malam hari Anda begitu panjang; menjadikan air mata menetes dari kelopaknya; dan merubah pipi Anda menjadi merah sayu? Apa yang sedang Anda rasakan; apa yang sedang Anda alami; dan apa yang sedang Anda resahkan, sehingga Anda menjadi resah begitu? Waktu akan membebaskannya.
Mungkin Anda bertanya, ‘Kenapa bisa saya tahu, bukan?’ Mudah saja, karena sebagian besar manusia mengalaminya. Kecuali beban kehidupan yang membuatnya demikian, masalah yang tak kunjung selesai, musibah yang tak kunjung berhenti, kesulitan yang tak kunjung ditemui jalan keluarnya, dan awan hitam yang tak pernah menyingkir dari depan wajah.
Tapi, tidakkah Anda sedikit merasa ringan, terlupa dari beban masalah, menepi dari segala kesedihan, menjauh dari segala gundah-gulana saat tidur, melupakan sejenak awan hitam dari himpitan bumi yang menghimpit harapan Anda, dan tersenyum menatap kenyataan? Sebab semuanya akan terang dan jelas, akan ada yang mengajak Anda kepada fajar yang terang bersinar; untuk meggeraikan tirai kesedihan; mengangkat keresahan; dan menggelarkan pengertian tentang segala sesuatu.
Tak ada akan satu pun yang tertutup lagi, semua akan terbuka. Semua harapanku akan seterang sinar mentari’, seputih siang hari’, dan seindah lengkungan pelangi. Bukan suatu yang mustahil, karena semua ini adalah mungkin dan pasti. Tak ada jalan lain yang harus Anda lewati, selain jalan ini, melewati buku ini.
Anda pasti sudah lelah; tenaga Anda terkuras; air mata telah melelehkan semangat Anda; dan langkah Anda telah gontai. Dengan bersama Tuhan yang sinar-Nya menutupi timur dan barat, kucoba untuk kiranya menerangi hati Anda dan membersihkan pandangan Anda terhadap segala sesuatu.
Dan kesulitan akan berlalu. Apa yang menyebabkan Anda menetaskan air mata, akan segera terlupakan; Anda mungkin mengingat bahwa Anda pernah menangis, tetapi Anda tak akan mengingat lagi apa yang Anda tangisi! Sebagaimana Anda tumbuh menjadi dewasa dan menjalani kehidupan, jika Anda ingat hal ini, Anda akan selalu menjadi heran apabila Anda berbaring pada malam hari memikirkan hal-hal yang mengecewakan Anda yang terjadi selama sehari, atau bagaimana Anda menaruh dendam terhadap seseorang dan terus membiarkan pikiran-pikiran yang sama timbul di dalam pikiran Anda, tentang bagaimana Anda akan membalas orang yang telah merugikan Anda.
Anda mungkin menjadi marah terhadap sesuatu, tetapi kemudian bertanya-tanya dan merasa heran, apakah sebenarnya yang menyebabkan Anda begitu marah. Apabila Anda telah berhasil menghentikannya dan mulai berpikir tentang hal lain yang bermanfaat, maka Anda akan menyadari betapa waktu dan tenaga Anda telah terbuang sia-sia karenanya, dan betapa telah dengan sengaja Anda menyebabkan ketidak-bahagiaan Anda sendiri.
Apa pun kesulitan Anda, bagaimana pun beratnya kesulitan yang timbul, semuanya akan dapat diselesaikan oleh waktu. Waktu akan membebaskannya.
Membuka Gerbang
Hidup adalah sebuah perjalanan yang diikuti dengan berbagai pertanyaan, yang datangnya entah dari mana. Sebagian pertanyaan dengan mudah dapat dijawab, sedangkan sebagian lagi mungkin akan jadi pertanyaan abadi. Begitu pula halnya denganku; aku merasakan ada banyak sekali pertanyaan yang timbul, di dalam diri namun tidak ada jawabannya. Kuberusaha bertanya pada apa saja tentang siapa yang dapat membantu. Namun, masih saja tertinggal berbagai pertanyaan yang tak terjawab.
Aku melihat adanya masalah baru darinya, ‘Mengapa ada banyak sekali pertanyaan yang tidak bisa kudapatkan jawabannya?’
Seperti yang kukatakan didepan, ‘Waktu terus berlalu dan menyelesaikannya.’
Dia menjawab, ‘Itu karena kau terlalu banyak bertanya dan menggantungkan diri pada orang lain, dan mendapatkan kepuasan jika dapat menerima jawaban dari orang lain.’
Kerana itu aku bertanya , ‘Mengapa aku tidak bertanya pada diri sendiri? Dan di mana aku dapat menjawab segalanya hanya dengan menggunakan pemikiran kusendiri, dengan kreativitasku sendiri, maupun dengan pembelaanku sendiri?’ Tapi waktu yang berlalu, menyelesaikannya.”
Di dalam buku ini, Anda akan menemukan di mana ku duduk dan mengartikan sendiri di dalamnya tehadap pertanyaan-pertanyaan yang selama ini mengganggu tidurku—pertanyaan-pertanyaan yang selama ini inginku dapatkan jawabannya, namun sulit kutemukan.
Dan kini, hampir semuanya terjawab....walau pun mungkin tidak semuanya. Kini kumengundang Anda untuk masuk ke dalam dunia pemikiran saya, dunia imajinasi, dan dunia kreativitas yang saya tuliskan. Bacalah dengan pandangan yang terbuka, pikiran yang tidak kaku, dan hati yang kosong! Gunakan imajinasi Anda! Ciptakan layar lebar di depan Anda dan visualisasikan semuanya!
Bukalah sebuah gerbang baru pemikiran ini melalui dialog tanpa batas !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar